Cara merawat wajah yang bermasalah dengan jerawat

Bagi remaja usia belasan yang sedang dalam masa pertumbuhan, hormon-hormon pertumbuhan yang penting untuk masa perkembangan dan pertumbuhan ialah salah satu elemen penentu kesehatan seseorang. Tetapi ada kalanya tubuh memproduksi hormon pertumbuhan secara berlebih sehingga seringkali mengakibatkan banyak persoalan kulit. Dilema ini rupanya tidak cuma dialami oleh remaja yang sedang memasuki masa pubertas, tetapi juga orang dewasa. Kecuali ini disebabkan oleh elemen genetika yang diwariskan keluarganya, serta unsur asupan gizi dan pola hidup yang dijalani oleh orang hal yang demikian.



Cara merawat wajah yang bermasalah dengan jerawat

Persoalan pada kulit wajah ini bahkan juga beraneka variasi, dari mulai situasi sulit kulit kering, berjerawat, berminyak, hingga kulit yang cenderung kusam dan tampak tak putih bersih. Bagi Anda yang memiliki keluhan seputar sistem merawat wajah yang bermasalah, berikut beberapa kiat yang bisa Anda coba.

Metode Merawat Wajah Kusam

Metode merawat wajah kusam cenderung berminyak berjerawat . Kulit berminyak tentunya menjadi keadaan sulit yang amat mengganggu bagi Anda. Selain sebab tampilan kulit yang tampak mengkilap kalau terkena cahaya, kulit yang berminyak pun juga tak jarang nampak kusam dan tidak segar. Apalagi bagi Anda yang diharuskan memakai riasan atau make up pada wajah, kulit yang berminyak membuat riasan tersebut menjadi tak awet dan gampang luntur.

Baca juga :

Sistem menyelesaikan kulit kusam seperti ini yakni dengan rajin membersihkan wajah secara teratur, diikuti dengan penggunaan toner khusus yang diperuntukkan untuk wajah berminyak. Selain ini penting, sebab jika salah memilih toner malah hanya akan memperparah kuantitas minyak di wajah Anda, karena pada biasanya toner atau pembersih wajah ini menyebabkan kulit menjadi kering sehingga kurang sesuai bagi kulit berminyak. Selain itu, jangan gunakan pembersih dengan scrub tiap-tiap hari. Sebaiknya pakai sebanyak seminggu sekali, dan pilih yang berbahan natural. Setelah Anda sedang berjerawat jangan memakai scrub atau kosmetik dengan kandungan whitening atau pemutih sebab akan memperburuk jerawat.

Cobalah untuk merawat kulit Anda dengan seledri

Setelah rajin menjaga kebersihan wajah dengan benar, cobalah untuk merawat kulit Anda dengan seledri. Tumbuhan yang identik dengan pelengkap bumbu dapur ini mengandung senyawa L-tryptophan yang berfungsi sebagai anti-oksidan natural, kandungan vitamin A, B1, B2, dan C yang berkhasiat untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah, juga senyawa 3n-butilphalida yang dapat mencegah peradangan karena lazimnya kulit berminyak pada kesudahannya akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Caranya malah sungguh-sungguh gampang. Cukup bersihkan seledri lalu potong sampai menjadi potongan yang kecil dan halus. Sesudah itu, rebus potongan seledri dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, matikan api, lalu dinginkan.  air rebusan seledri yang telah dingin ini untuk membasuh wajah Anda. Biarkan airnya mengabsorpsi selama beberapa menit, kemudian bilaslah dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan lihatlah perbedaannya.